JellyPages.com

Thursday, August 2, 2012

Pahala dan Manfaat Doa

Berdoa mendatangkan manfaat yang bersifat duniawi dan ukhrawi. Berdoa menjadikan hidup di dunia agar semakin bahagia dan tenang. Apalagi di era sekarang ini, kecenderungan duniawi yang telah menembus batas - batas paling pribadi dalam hidup ini, karenanya diperlukan ketenangan yang merupakan sebuah keniscayaan.

Doa terbukti ampuh untuk menjadikan gidup makin tenang, menjadikan wahana refleksi diri (muhasabah dzatiyyah) paling efektif untuk melihat mana perbuatan yang baik dan buruk dalam amal sehari - hari.

Doa akan menjadi tabungan paling berharga untuk hari akhir nanti. Sebab, doa akan menjadi amal yang paling berharga ketika semua amal dihisab oleh ALLAH SWT.

Salah satu hal yang dapat dijadikan barang berharga di surga nanti adalah amalan ungkapan "La Hawla Wala Quwwata Illa Billah" (Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan ALLAH). Dan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang - orang yang senantiasa berdzikir kepada-Nya melebihi kedudukan orang - orang yang menghunuskan pedang kepada orang - orang kafir.

Rasulullah SAW bersabda, " Jika seseorang melukai orang - orang kafir dan orang - orang musyrik hingga darahnya berkucuran, maka orang - orang yang berdzikir kepada-Nya jauh lebih utama daripada orang tadi."

Dan dalam hadits lain disebutkan, "Barang siapa mengucapkan SUBHANALLAH WA BIHAMDIHI, ia telah ditanamkan pohon anggur di surga nanti."

Note: Sungguh beruntung untuk mereka yang menjadikan doa sebagai menu kehidupan sehari - hari :)

No comments: