JellyPages.com

Tuesday, February 26, 2013

BIRRUL WALIDAIN

Dan Tuhanmu telah memerintahkan kamu agar kamu jangan menyembah selain DIA dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu-bapak." (Qs. Al-Israa: 23)

"Dan kami wajibkan kepada manusia agar (berbuat) kebaikan kepada orang tuanya" (Qs. Al-Ankabut: 8)

•Menaati Kedua Orang Tua dalam Batas Tertentu Yakni Selama Tidak Menyuruh kita, anaknya Bermaksiat Kepada ALLAH

"Dan jika keduanya memaksamu untuk menyekutukan AKU dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya dengan baik." (Qs. Luqman: 15)

Imam Al-Qurthubi menjelaskan, "Ayat di atas menunjukkan diharuskannya memelihara hubungan baik dengan orang tua, meskipun dia kafir. Yakni dengan memberikan apa yang mereka butuhkan. Bila mereka tidak membutuhkan harta, bisa dengan cara mengajak mereka masuk Islam."

• Ibu Lebih Layak Kita Berbakti kepadanya Lalu Ayah.

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Maimun Al-Makki telah menceritakan kepada kami Sufyan bin 'Uyainah dari 'Umarah bin Al-qa'qa' dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah dia berkata, "Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang layak aku berbakti kepadanya?" Beliau bersabda: "Ibumu." Abu Hurairah bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Beliau menjawab: "Ibumu." Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Beliau menjawab: "Ibumu." Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa lagi?" Beliau menjawab: "Ayahmu." Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Beliau menjawab: "Orang yang ada dibawahnya dan seterusnya." (HR. Ibnu Majah: 3658)

•Berbakti kepada kedua Orang Tua Adalah satu Amalan Yang dicintai ALLAH

Telah menceritakan kepada kami Abu Al-Walid telah menceritakan kepada kami Syu'bah berkata Al-Walid bin 'Aizar telah mengabarkan kepadaku dia berkata saya mendengar Abu 'Amru Asy Syaibani berkata telah mengabarkan kepada kami pemilik rumah ini, sambil menunjuk kerumah Abdullah dia berkata saya bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam "Amalan apakah yang paling dicintai ALLAH? Beliau bersabda: "SHALAT TEPAT PADA WAKTUNYA." Dia bertanya lagi "Kemudian apa?" Beliau menjawab: "BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA." Dia bertanya "Kemudian apa lagi?" Beliau menjawab: "BERJUANG DI JALAN ALLAH." (HR. Bukhari: 5970)

Sayangilah, cintailah, taatlah pada Allah dan Rasul-Nya, juga orangtua. Ibu,ibu,ibu dan bapak. :) jangan sia-siakan waktu bersama mereka, cintailah.

No comments: